Penyebab Batuk Anak Tak Kunjung Sembuh dan Cara Mengatasinya

Jangan Langsung Panik saat Batuk Anak Tak Kunjung Sembuh

Batuk anak tak kunjung sembuh bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, bisa dari lingkungan yang tidak sehat atau berbagai penyebab lainnya. Batuk sebenarnya kerap melanda siapa saja dan umumnya tidak berlangsung dalam jangka waktu yang sangat lama. Namun, dalam beberapa kasus nyatanya ada berbagai kondisi yang membuat orang mengidap batuk terlalu lama. Beragam kondisi itu disebabkan oleh beberapa hal:

 

 

Penyebab Batuk Tak Sembuh-sembuh

Virus flu ternyata menjadi salah satu sebab timbulnya batuk pada anak. Terkesan sepele, namun ternyata flu bisa menjadi sebab anak batuk sampai berminggu-minggu lamanya. Ada lagi yang disebut sebagai postnasal drip, ini sebuah kondisi di mana lendir menyatu dengan sinus dan bergumul di belakang tenggorokan. Akibatnya anak akan merasakan sensasi menggelitik dan berujung pada keinginan untuk terus batuk.

Penyebab batuk tak kunjung sembuh berikutnya adalah asma, di mana kedatangannya ditandai dengan batuk kering yang semakin parah saat malam tiba. Kondisi tidak terduga lainnya yang bisa menjadi sebab batuk adalah naiknya asam lambung ke tenggorokan atau biasa disebut sebagai acid reflux. Sulit dipercaya, namun ternyata asam lambung juga bisa memicu datangnya rasa gatal di tenggorokan.

Sebab berikutnya yang jauh lebih serius adalah pneumonia, yakni tertutupinya paru-paru dengan nanah. Akibatnya buah hati Anda akan terus menerus batuk dan berbahaya jika tidak segera ditangani. Terakhir, sebab batuk yang tidak bisa dihindarkan adalah batuk rejan atau batuk yang ditandai dengan semakin menghilangnya suara. Sayangnya batuk ini bisa menular pada sekitar Anda.

 

Cara Mengatasi Batuk pada Anak

Setelah tahu apa saja yang menyebabkan batuk anak tak kunjung sembuh, ada beberapa tips mengatasi batuk berdahak pada anak yang bisa Anda lakukan, seperti membantu anak untuk bisa mengeluarkan lendir. Bantu anak dengan cara membuatkan air yang dicampur dengan garam supaya lendir di dada dan belakang tenggorokan bisa keluar untuk melegakan.

Selain itu, beberapa cara yang dapat dilakukan seperti:

  1. Sediakan pelembap udara untuk memastikan udara yang berganti steril.
  2. Gunakan uap air yang telah dicampur dengan essential oil khusus untuk membantu anak melegakan sistem pernapasannya yang terganggu serta membunuh virus-virus penyebab batuk.
  3. Jaga kebutuhan cairan tubuh yang cukup.

 

Batuk Anak Mulai Tidak Normal

Berikutnya, cara mengatasi batuk yang tak kunjung reda pada anak adalah dengan menanamkan sifat waspada jika batuk mulai tidak normal dan menunjukkan berbagai gejala seperti :

  1. Napas tidak menentu, bisa amat sulit bernapas atau aktivitas bernapas sangat cepat.
  2. Makin parahnya demam yang terjadi pada anak.
  3. Pucat di beberapa titik, seperti wajah, bibir, dan lidah.
  4. Bayi usia 3 bulan ke bawah mengalami demam dan batuk.
  5. Setelah batuk terdengar napas yang berbunyi cukup berisik.
  6. Anak tampak tidak nyaman dan ditandai dengan sering rewel.
  7. Batuk disertai dengan darah.

 

 

Jika gejala tersebut muncul, batuk harus segera diatasi secepatnya. Jika ingin solusi yang gampang Anda bisa menggunakan bye cough & flu dari SIPOPO untuk anak Anda. Produk alami yang aman serta nyaman, berupa essential oil dengan aroma menenangkan dan juga melegakan jalannya napas. Sehingga dengan kelegaan itu otomatis pernapasan Anak akan lancar dan masalah batuk anak tak kunjung sembuh bisa diatasi.